Olahan Kuliner Ikan Khas Indonesia Yang Bisa Anda Tiru

Sebagai negara agraris, membuat Indonesia memiliki menu ikan yang beragam. Dengan rempah yang beragam, menu ikan bukan hanya segar namun juga gurih dan nikmat. Pantas saja jika banyak wisatawan asing yang ketagihan mencicipi menu masakan ikan Indonesia. Berikut adalah beberapa kuliner ikan khas Indonesia yang bisa anda tiru di rumah,

Beberapa Kuliner Ikan Khas Indonesia Ini Bisa Dengan Mudah Ditiru Di Rumah
1. Ikan Woku Belanga
Manado menjadi salah satu destinasi wisata kuliner ikan yang populer. Seperti hidangan ikan woku belanga yang populer berikut ini. Ikan tongkol atau ikan kakap dibumbui dengan woku atau bumbu khas Manado. Bumbunya cukup mudah yaitu bawang merah, bawang putih, daun salam, daun jeruk, kemangi, pandan dan serai.

2. Parende
Parende adalah kuliner ikan khas Indonesia yang bisa ditemukan di Buton, Sulawesi Tenggara. Biasanya, parende menggunakan ikan kerapu atau ikan kakap untuk disajikan. Bumbunya cukup mudah yaitu bawang merah, bawang putih, asam jawa dan cabe merah. Tambahkan juga kunyit, lada dan perasan lemon agar rasa kuahnya lebih segar.

3. Ikan Rica-Rica
Satu lagi kuliner ikan yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara yaitu Ikan Rica-Rica. Rica-Rica adalah nama bumbu khas Manado yang terkenal di Indonesia. Rasanya yang pedas gurih membuat rica-rica cocok dimasak dengan berbagai macam menu seperti ikan, daging dan ayam. Hanya dengan potongan bawang merah, bawang putih, daun jeruk dan perasan jeruk nipis anda bisa membuat ikan rica-rica.

4. Asam Padeh
Minang, Sumatera Barat mempunyai menu makanan ikan yang khas. Asam Padeh adalah olahan masakan ikan tanpa santan yang bisa anda temui. Asam Padeh berbahan dasar ikan tongkol, tuna, ikan kembung hingga gurame. Bumbu yang dibutuhkan diantaranya asam kandis, cabai, bawang merah dan bawang putih. Jangan lupa berikan serai, lengkuas, daun jeruk dan daun kunyit.

Demikian beberapa kuliner ikan khas indonesia yang bisa anda buat sendiri di rumah. Menu masakan ikan yang ada di beberapa wilayah mungkin memiliki kesamaan. Hanya saja, penyajian dan penyebutan namanya memiliki perbedaan. Namun, perlu diketahui jika setiap daerah di Indonesia memiliki bumbu khasnya masing-masing sehingga memiliki rasa yang berbeda untuk masing-masing masakan.