Cara Cepat dan Efektif Menghentikan Mimisan Pada Anak

Pernahkan si kecil mengalami mimisan? Anda bingung bagaimana cara mengatasinya? Ada banyak sekali orang tua yang melakukan kesalahan ketika menghentikan mimisan yang terjadi pada sang buah hati. Padahal kesalahan saat menanganinya justru akan berbahaya. Untuk itu, pastikan Anda mengetahui caranya dengan benar. Berkut cara efektif atasi mimisan pada anak.

Duduk Tegak Arahkan Tubuh ke Depan
Saat mengatasi mimisan pada anak, kebanyakan orang tua menyarankan si kecil untuk berbaring atau menegakkan kepala ke belakang. Padahal posisi yang satu ini salah dan sangat tidak dianjurkan. Posisi yang benar adalah pastikan posisi tubuh si kecil tetap tegak dan arahkan tubuh sedikit ke depan. Hal ini akan menyebabkan darah kembali masuk dan tidak menyumbat.

Pencet Cuping Hidung Selama 10 Menit
Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah pencet bagian cuping hidung menggunakan ibu jari selama kurang lebih 10 menit. Hal ini bertujuan untuk memberikan tekanan pada titik pendarahan agar darah berhenti mengalir. Ketika Anda melakukan hal ini, suruh sang buah hati untuk bernapas melalui mulut terlebih dahulu.

Jangan Bersin
Ketika pendarahan akibat mimisan masih tetap mengalir, jangan pernah sengaja untuk bersin atau mengeluarkan darah dari hidung. Mengapa? Pasalnya hal tersebut justru akan membuat mimisan menjadi lebih sulit berhenti dan merangsang darah yang sudah mulai mengering kembali untuk mengalir lagi. Jadi pastikan si kecil tidak bersih agar mimisan dapat segera teratasi ya.

Gunakan Kompres Dingin
Ternyata es batu juga sangat cepat dan efektif untuk menghentikan mimisan. Anda juga bisa meletakkan kompres dingin pada bagian hidung si kecil agar darah dapat lebih cepat berhenti. Meski begitu jangan langsung menempelkan es batu ke bagian hidung. Bungkus menggunakan kain lebih terlebih dahulu baru kemudian tempelkan ke bagian hidung.

Gunakan Cuka dan Air Garam
Ternyata cuka juga sangat efektif untuk menghentikan darah sekaligus membersihkan lubang hidung dari darah yang sudah mengering. Cara menghentikan mimisan menggunakan cuka cukup mudah. And hanya perlu menyiapkan kapas, celupkan pada kapas, dan letakkan pada hidung yang mengalami pendarahan. Biarkan selama beberapa menit hingga pendarahan mulai berhenti.

Tak hanya itu saja, garam juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan iritasi yang menjadi penyebab mimisan. Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok makan garam ke dalam satu dalam secangkir air hangat kemudian basuh ke hidung.

Jika Mimisan Sudah Berhenti Jangan Membungkuk
Ketika si kecil baru saja mengalami mimisan, sangat dianjurkan untuk tidak melakukan berbagai aktivitas berat selama kurang lebih 24 jam. Selain itu, pastikan juga si kecil tidak membungkuk dan buang ingus untuk menghindari terjadinya iritasi pada area hidung.

Itulah beberapa cara cepat dan efektif yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mimisan pada anak. Namun jika selama 20 menit cara di atas tidak dapat menghentikan mimisan dan si kecil mengalami efek samping seperti sesak napas, mual, dan muntah, segeralah hubungi dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.