6 Hal Yang Harus Bunda Siapkan Untuk Perlengkapan Bayi

Bagi calon orang tua baru, wajib untuk mempersiapkan segala hal untuk menyambut si buah hati. Persiapan yang harus dilakukan mencangkup fisik dan psikis bagi ibu dan bayi. Selain itu, bunda juga perlu memperhatikan peralatan kebutuhan bayi, karena bayi yang baru lahir memerlukan lebih banyak pelengkapan dari dugaan sebelumnya. Berikut perlengkapan bayi yang wajib bunda persiapkan untuk kehadiran buah hati anda.

Peralatan Bayi yang Harus Disiapkan
1. Popok Bayi Untuk Keperluan Harian
Popok bayi berfungsi sebagai celana bagi bayi dan harus diganti setelah si buah hati buang air besar maupun buang air kecil. Biasanya, popok sudah harus diganti setiap 2 jam sekali. Terutama bila cuaca dingin, pada setiap satu jam sekali ada kemungkinan si kecil akan buang air kecil. Oleh karena itu, setiap hari bunda harus menyiapkan setidaknya 12 buah popok. Akan lebih baik apabila bunda menyiapkan 3 lusin popok bayi.

2. Baju Bayi Untuk Melindungi Si Kecil
Terdapat dua jenis baju bayi yang harus dimiliki para calon orang tua, yaitu baju bayi lengan panjang dan baju bayi lengan pendek. Setidaknya, perlengkapan bayi ini harus disiapkan  sekitar 12 buah untuk masing masing jenis baju. Untuk baju bayi lengan pendek, dapat digunakan apabila cuaca sedang panas, sedangkan untuk baju bayi lengan panjang dapat digunakan apabila cuaca sedang dingin. Setiap harinya, bunda perlu mempersiapkan sekitar dua hingga tiga baju.

3. Diampers Agar Bayi Lebih Nyaman
Saat musim penghujan tiba, tentu cuaca akan lebih dingin dari biasanya. Karena cuaca yang dingin, si kecil akan lebih sering untuk buang air kecil. Untuk menjaga kenyamanan pada bayi, anda dapat menyediakan diampers sebagai alternatif. Gunakan diampers dengan model buka tutup agar memudahkan bunda saat membersihkan kotoran bayi. Bagi bayi yang yang memiliki kulit sensitif, menggunakan diampers terkadang menimbulkan iritasi.

4. Kaos Kaki dan Sarung Tangan
Perlengkapan selanjutnya yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan adalah kaos kaki dan sarung tangan. Perlengkapan bayi ini akan berfungsi untuk menjaga kenyamanan si kecil. Misalnya, kaos kaki dapat bunda pakaikan ketika si kecil merasa kedinginan, sedangkan kaos tangan berfungsi untuk menghangatkan telapak tangan si kecil dan melindungi kulit dari cakaran kukunya sendiri.

5. Peralatan Mandi Khusus Bayi
Kulit bayi lebih sensitif daripada kulit yang dimiliki oleh orang dewasa. Oleh karena itu, bunda tidak boleh sembarangan dalam memililh sabun dan shampo bayi. Pilihlah produk yang didesain khusus untuk keperluan si kecil. Perlengkapan lainnya yang perlu bunda persiapkan seperti bak mandi khusus bayi, dan handuk yang lembut. Sebaiknya bunda menyimpan peralatan bayi di tempat yang bersih agar terhindar dari kuman.

6. Perlengkapan Untuk Kesehatan Bayi
Agar kondisi bayi tetap terjaga, bunda perlu menyiapkan berbagai perlengkapan bayi yang berhubungan dengan kesehatan si kecil, seperti minyak telon, termometer, baby oil, cutton bad, kain kassa, plester anti demam, serta perlengkapan lainnya. Apabila si kecil demam atau batuk ringan, obat yang paling dianjurkan adalah ASI dan berjemur di pagi hari. Apabila si kecil tidak kunjung sembuh, segera bawa ke tenaga medis terdekat.

Sebagai calon orang tua, bunda pasti tidak sabar untuk menunggu kehadiran si buah hati. Sebelum menyambut kehadiran si kecil, bunda dapat mempersiapkan segala kebutuhannya terlebih dahulu, seperti pakaian bayi, popok bayi, hingga kaos kaki dan sarung tangan. Bunda dapat membeli peralatan bayi ketika usia kandungan memasuki usia tujuh bulan, agar pengeluaran tidak terlalu besar.